Menggapai Ci(n)ta

[8  Juni 2009]

Bismillahirrahmanirrahim..

Tentang sebuah tekad yang membawa aku kini ke apa yang aku inginkan.

Kalau ditanya, “apa sih kiatnya biar bisa sukses?” Jawabannya sih standar aja. DUIT. Haha. Ya, duit, do-it (action), Doa, Usaha, Ikhlas, Tawakal. Intinya sih itu aja. Ga ada yang aneh. Oh iya, ada satu lagi. Tekad yang kuat. Dan satu lagi, FOKUS.

Dulu saya setelah akhirnya memutuskan memilih astronomi, tepatnya kurang lebih dua bulan sebelum USM ITB 2009, aku mulai mengikrarkan tentang cita cita ini ke orang-orang sekitar. Pesan dari seorang ustadz, “Tulis cita-cita itu di media yang sering dilihat biar nempel di alam bawah sadar kita, dan ceritakan pada orang-orang sekitar tentang cita-cita kita itu supaya orang lain ikut memotivasi dan mendoakannya ”. Dan aku pun menuliskannya di semua tempat strategis. Di binder, di kamar, di ruang keluarga, di banyak buku pelajaran , bahkan di berbagai  jejaring social (blog, friendster, facebook). Dan ternyata tips ini manjur lho. Tiap aku lihat tulisan itu, semangatku membara, obsesi terpancarkan. Setiap ada yang nanya, “Mau masuk mana nanti?” dengan lantangnya aku menjawab,”ASTRONOMI ITB”. Hal ini menjadi langkah awal untuk memulai belajar. Motivasinya kerasa banget lah. Percaya deh 😉

Hari berlalu dan tanpa terasa masa masa ujian sudah hampir di depan mata. Kejenuhan pun mulai melanda! Ah ya. JENUH. Belajar setiap hari. Siang … malam … Tampaknya kopi dan susu hangat adalah teman terbaik di setiap malamku [Walaupun baru-baru ini aku tau kalau ternyata mengonsumsi kopi dapat menurunkan fokus seseorang]. Segala bentuk “kesenangan” dihentikan sejak awal kelas tiga. Untuk sementara ga boleh nge-blog, chatting, fs-an dan fb-an. Tapi aku bandel, dengan sembunyi sembunyi aku masih melakukan hal itu *Hahaha, peace ah!*, kadang kadang tapi. Ya maklum lah, aku kan juga butuh hiburan. Waktu untuk tidur aku pangkas.  Tidur jam 11 malam dan sudah harus bangun jam 3 pagi. Satu hal yang tidak boleh terlewat adalah qiyamulail. Kedekatan dengan Allah yang selalu menjadi motivasi dasar untuk terus berjuang.

 

21-22 Maret 2009 USM ITB

Saat ujian tiba. Bertepatan dengan hari ulang tahun ku yang ke-17. Subhanallah luar biasa. Ketika itu banyak sekali sms motivasi, penyemangat dari sahabat-sahabatku [Terimakasih kawan^^].  Ujian hari pertama adalah psikotes skolastik dan ujian hari kedua adalah tes potensi kemampuan akademik. Disini benar-benar diuji ketahanan kita. Katanya, orang yang ikut dan berhasil lolos USM itu memiliki ketahanan belajar yang kuat. Di hari pertama, yang paling berat itu (sepertinya) tes kertas krapelin. Cuman disuruh ngejumlahin angka yang ada di kertas doang sih, tapi kertasnya itu segede kertas koran, bolak-balik pula. Haha. Belum lagi waktu itu aku lagi pilek (flu). Haduh tuntas sudah penderitaan. Halah, ga lah ya. Walaupun aku lagi sakit pas ngerjain soal, baik di hari pertama maupun hari kedua,  aku ingat sms dari kawan-kawan, motivasi dari keluarga, dan yang paling bikin aku pantang menyerah adalah motivasi dari tujuan awal, pengorbanan aku selama ini, dan keyakinan terhadap janji Allah. “Ga ada alasan buat aku ngecewain semua hal itu.”

 

8 April 2009 Pengumuman USM ITB

Deg.. deg.. deg.. haduuh..deg-degan ga sih? Hari ini pengumuman keluar. Bertepatan dengan pra-UN, mata pelajaran kimia. Itu mah ya, yang namanya ga konsen pas ngerjain soal, bener-bener ga konsen! Hari sebelumnya, ada yang bilang pengumuman udah keluar sekitar waktu maghrib. Deg.. deg.. deg.. dan ternyata pas diliat, belum ada. Pagi itu, tepat saat pra-UN baru saja akan dimulai, ada isu lagi kalau pengumuman keluar hari ini jam 10.00. Deg.. deg.. deg.. Dengan segera soal kimia itu diselesaikan. Dikerjakan se-kena-nya [Haha, sesat sesat]. Jam 10 kurang, udah standby dengan hp di tangan untuk memulai browsing. Usm [dot] itb [dot] ac [dot]id udah jadi web favorit yang sangat-sangat sering dibuka. Deg.. deg.. deg.. jam 10! “loading…” Ahh, lama banget loading nya… Teman-temen udah pada nanyain gimana hasilnya. Seperti biasa, dengan wajah tenang (padahal di hati udah kayak yang kebakaran) aku menjawab, “belum ada”. Aku pun memutuskan untuk pulang ke rumah. Di angkot aku coba terus ngebuka web ITB itu, “loading…” sampai rumah belum bisa konek juga. Akhirnya aku sampai di rumah, sekitar jam 12.

 “udah keluar put?” kata ibu

 “beluum.. huhu.. T.T”

“coba ibu tanya ayah ya, kakak juga ngebuka dari kampus..”

“iyah iyah.. “ (dengan mata berbinar, hheu)

Aku masih deg2an. Dengan HP di tangan, mencoba kembali membuka usm[dot]itb[dot]ac[dot]id. Ketika itu, adzan dzuhur telah berkumandang. Solat dulu deh. Pas aku mulai beranjak untuk solat, tiba-tiba…[jeng jeng jeng] ada sms! Aku berharap dari ayah atau kakak yang ngabarin kelulusan. Tapi ternyata bukan. Sms ini dari salah satu temanku, Bagja. Aku rada-rada lupa gimana konteks sms lengkapnya. Tp intinya, “Selamat ya, kamu diterima di ASTRONOMI ITB!!!”  Subhanallah. Percaya ga percaya sih, soalnya blum liat hasilnya sendiri. Dan beberapa saat kemudian, ayah nelpon.

“bu, ayah udah bisa buka nih, katanya,

“Nomor peserta PMBP-ITB 2009 anda: “098006111” Anda dinyatakan dapat diterima di Program Studi Astronomi ITB. Pada tahun kedua, anda akan dijuruskan ke Program Studi Astronomi, berdasarkan minat, tempat yang tersedia, dan prestasi yang anda capai di tahun pertama. Setelah tanggal 13 April 2009, ITB akan mengirimkan surat panggilan ke alamat e-mail anda, sesuai dengan data yang anda berikan pada saat pelaksanaan ujian PMBP-ITB 2009 di Daerah …”

Wow! Alhamdulillah, dahsyat! Akhirnya penantian selama ini.. (lebay) hehe

Sekarang, aku udah di ITB. Perjuangan ini baru awal dari perjuangan selanjutnya. Karena perjuangan itu ga akan berakhir sampai kita menang. Ya, menang dan berhasil meraih tujuan utama, misi hidup kita, mendapat keridhoan Allah. 😉

 ditulis tanggal 8  Juni 2009

diselesaikan tanggal 2 Juli 2010

Bandung, with a big obsession

Iklan

5 thoughts on “Menggapai Ci(n)ta”

  1. keren, dulu sy juga pernah punya cita-cita mau masuk astronomi ITB, soalnya cita-cita masa kecil sy jadi astronot. eh ternyata skg sy malah nyangkut ke sastra.. anyway selamat ya, great blog. dan salam kena juga :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s