Setidaknya saya pernah ada disana


Kadang saya suka sedih. Ngeliat foto2 kenangan dulu, pas saya masih ada di DKM SMA. Emang sih, ga ada foto saya disana. Ya, jarang banget ada foto saya. Dulu,  bisa dibilang saya ga begitu aktif. Tapi lumayan aktif (gimana sih ini? ga konsisten.. hehe ^^). Saya aktifnya dibelakang layar. Kalo pas lagi mau ngadain acara, ada saya disana. Tapi pas acara, saya sangat jarang muncul.

Dulu, pas jaman SMA, masuk sekolah itu jam 7 (kalo ga salah) trus pulang jam stengah 2 siang. Kalau pulang, saya biasanya bareng sama kakak. Biar hemat ongkos dan waktu ceritanya. Tapi gara2 itu saya ga bisa bebas aktif di organisasi SMA (ga bisa nyalahin itu juga sih). Kelas satu, karena emang kegiatannya belum banyak, jadi saya ga terlalu aktif. Biasa aja. Pas kelas dua, si kakak kan ada pemantapan persiapan ujian kelas 3, jadi pulangnya lebih lama. Kesempatan itu aku gunain buat kalo ada kumpul2 DKM. Lumayan lah, aku jadi manusia belakang layar. Hehe. Tapi masih terbatas, sampai jam 3. Jadi kalaupun ikut ngumpul, ya cuma bentar. Pas aku kelas tiga, kakak udah kuliah, biasanya pulang jam 5 sore. Wah wah, asik bener dah. Kesempatan emas buat jadi lumayan aktif. Tapi ternyata itu cuma bentar. Mulai masuk kelas 3 semester 2, saya mulai bimbel, jadi kepengurusan-pun udah diwariskan ke anak kelas 2. Yah, intinya di SMA saya ga pernah bener2 ngerasain utuh ada di organisasi. Entah itu perasaan saya aja atau emang bener.

Hari ini, saya lagi iseng buka FB. Ada temen yang nge-upload foto-foto jaman SMA. Dan dari banyak fotonya, ga ada satu-pun foto saya. Ada juga video yang dibikin sama salah seorang temen SMA saya. Video slide show foto gitu, dan hal yang sama, ga ada foto saya.

Sebenernya ga masalah sih, ada atau engganya wajah saya disana. Bahkan saya jadi teringat tentang suatu keikhlasan. Ya, mungkin Allah sedang mengajarkan saya kembali tentang keikhlasan. Apa sih artinya sebuah foto? Ya, mungkin untuk suatu kenangan, bahwa kita pernah ada disana. Suatu saat nanti ketika waktu telah memakan usia, ada serpihan2 masa lalu yang kembali teringat dengan adanya foto itu. Trus kalo ga ada foto saya gimana? Berarti saya akan terlupakan dong? Ya ga gitu juga sih. Sedikitnya mungkin iya, tapi setidaknya saya pernah ada disana. Walaupun kontribusi saya ga terlalu maksimal, yang harus saya ingat selalu, luruskan niat. Saya ada disana karena dakwah (ini pemikiran saya sekarang. Dulu, mana saya tau tentang dakwah). Untuk pembinaan awal bagi diri saya dalam berorganisasi dan ruhiyah saya. Ya, saya sedang ingin melihatnya dari satu sisi, diri saya pribadi.

Setidaknya saya pernah ada disana, entah akan diingat atau tidak, tapi setidaknya saya pernah ada disana, bersama mereka. Buat saya itu cukup walaupun saya tidak bisa berkontribusi lebih, setidaknya dalam waktu dekat ini. 🙂

3 juni 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s