Kuliah

udah lama ga nulis…

hahaha.. sejak aku jadi mahasiswi ITB, ternyata anak kuliahan te sibuk, ya?

Pergi pagi, pulang malem (jam 6  pagi sampai 6 sore)

Kuliah tahun pertama di ITB itu dinamain TPB, Tahap Persiapan Bersama. Sistemnya, kyanya masih hampir sama kayak di SMA. Bedanya, yg ini ga pake seragam. Kata angkatan-angkatan atas, TPB itu Tahap Paling Bahagia.

“Mumpung masih TPB, manfaatin tuh…! jgn belajar aja!”

haha, tapi kebanyakan anak TPB itu (yg aku temui) lebih memilih untuk belajar yg keras. Katanya, “Harus dapet  IP 4”.

Aku pernah nanya ke salah seorang teman, “Kamu ikutan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) apa aja?” Dan dia bilang, “Semester satu ini aku ga akan ikutan organisasi dulu, mau fokus belajar aja… Kalau nanti IP nya bagus, semester dua baru aku mau ikut UKM. Tapi kalo jelek,,, ga dulu deh…”

Waktu itu kakak aku pernah bilang,

“Put, kalau mau punya jaringan yang luas, banyak temen dan pengalaman, ikut KM (Keluarga Mahasiswa).. Atau daftar kepanitiaan acara gede. Lumayan lho put… asik kalo punya banyak temen..”

Trus aku  bilang, “ah ga ah.. Tar jadi sibuk, lagi. Musim UTS nih. huha. Kan aku mau dapet IP 4. hehe”

“Ya ampun put,  IP 4 mah gampang… TPB put,, TPB…!”

Kata kakak ku itu, buat dapet hasil yg memuaskan di TPB itu lebih mudah daripada nanti pas udah masuk jurusan. Soalnya, materinya masih kayak SMA, sistemnya juga masih teratur.. Karena itu, mumpung TPB, banyakin aktif di kampus.. Buat pengalaman..

Di lingkup mahasiswa, ada istilah “kupu-kupu” (KUliah-PUlang-KUliah-PUlang) dan “kura-kura” (KUliah-RApat-KUliah-RApat). Tapi aku ga mau jadi salah satu diantara itu. Aku mau jadi “kuman” aja, KUliah-MAeN. hahaha..

udah dulu ah…

to be continued…

14 thoughts on “Kuliah”

  1. “kuman” ya???
    hmm..istilah yg bagus..pilihan yg menarik.. :),

    hidup adalah pilhan..
    hidup tak bisa sendiri..
    so? apakah hidupmu hy utk dirimu saja?
    or..adakah pilihan utk hidup buat umat yg sdh menantimu?

    Semangat terus kuliahnya..
    I know u can..
    pake prinsip ini aja put..

    PROUD tobe a muslimah..
    Iman Kuat + IP 4 + Fisik Kuat + Aksi Semangat
    ^.^

  2. klo IP TPB saya gak bagus2 amat, justeru waktu TPB malah ritme hidup n kuliah jadi berantakan, adaptasi kali ye,,,
    baru deh pas lepas dari TPB jadi udah nemu polanya, n IP dari tingkat 3 ampe sekarang di atas 3 terus, heheheh

    kebalik ya???? tapi emang ada juga yg gitu sih,,,

  3. ya…..
    sayang aja dek kalo hidup 4 tahun atau lebih di itb ni diabisin buat kuliah doang….masih banyak hal besar yang bisa dihasilkan selama jadi mahasiswa selain ip 4 dek….kalo bagi kk mahasiswa punya ip 4 itu kecil kali nilainya kalo ndak ada yg pernah ia perbuat untuk orang banyak,atau untuk perbaikan negerinya

    masih banyak anak2 itb yang nungguin tangan2 pejuang untuk mengajak mereka menjadi lebih baik dalam berislam…itu sudah bisa jadi hal besar yg ayu lakuin selama jadi mahasiswa…..

    kalo aktifitas mengganggu akademik!!!ga benar itu,,,,tenang aja janji Allah untuk nolong orang yang nolong agamanya dengan tulus itu adalah kepastian…..saya alhamdulillah yang masih Allah jaga untuk ikut berjuang di gamais,,,ip-nya masih aman2 aja kok (walopun belum 4 juga sih….^_^

    so gunainlah masa jadi mahasiswa ini sebaik mungkin mejadi wahana kita untuk “belajar”……

  4. jadi teringat masa2 TPB…

    masa2 menyenangkan lho… bener tuh lebih gampang dapet IP 4, walau saya ga pernah dapet2 juga…
    kalau dah masuk jurusan apalagi F*****, keknya hanya org yg bener2 serius belajar aja yg bisa dapet hasil maksimal

    manfaatin bener2 dah, baik kesempatan2 buat belajar, temen2nya, dosen2nya, waktu2 luangnya, pokonya segalanya, jgn sampe menyesal

Tinggalkan Balasan

